Selasa, 01 November 2011

Cara Mengetahui Teman Baik atau Buruk

Anda pasti punya teman.namun apakah teman anda itu baik atau tidak?ini perlu anda ketahui.sebab teman anda itu secara tidak langsung akan mencetak karakter & watak kalian semua secara tidak anda sadari.inilah mengapa dalam kitab ta'limul mutaallim diterangkan bagaimana cara kita memilih guru,pondok,sekolah,teman,maupun yang lainnya.jadi nggak asal pilih.gimana caranya??

dalam memilih teman anda perlu berhati2 karena watak & moral anda terbentuk dengan siapa anda berkawan & berkumpul.jka anda ingin mengetahui watak seseorang maka anda harus lihat dengan siapa ia berkawan.jika ia berkawan dg orang mbedugal(anak nakal) maka ia pun tentu juga mbedugal.

lalu apakah teman anda itu baik/tdk?jawabannya dapat anda rasakan sendiri.jika anda berteman dg seseorang terus mengalami penurunan dalam hal kebaikan semisal tambah malas beribadah & tambah malas belajar,maka anda harus cepat2 pisah ma teman tadi.karena teman ini nggak termasuk kategori teman baik.
namun jika saat berteman,anda merasakan ada peningkatan dalam hal kebaikan semisal anda bertambah rajin belajar & tambah semangat beribadah,maka anda harus mempererat teman yang sprti ini.karena inilah teman yang patut kita ajak berteman

teman baik atau buruk itu hanya anda yang bisa merasakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar